1. Memperluas Ruang Promosi
Sebagai Media Komunikasi dan Wadah Penyedia berbagai Informasi maka website dapat digunakan sebagai sarana pendukung promosi dari suatu perusahaan. Selain katalog, brosur maupun iklan di media cetak, dengan memiliki website di internet anda dapat memperluas jaringan promosi sebuah perusahaan. Para peminat atau calon pelanggan, dapat melihat informasi dari website kapan saja dan dimana saja.
Tetapi hal yang perlu diingat dalam pembuatan website dengan tujuan promosi adalah bahwa website adalah sarana pendukung promosi. Ini sangat berbeda dengan media promosi utama lainnya seperti karta nama, poster, stiker, banner, poster maupun iklan di berbagai media cetak. Jadi isi website sebaiknya tidak sekedar memindahkan isi media promosi lain menjadi situs. Seseorang yang yang membuka website sudah tentu memerlukan informasi yang lebih dari sekedar yang ada di media promosi lainnya.
Sebagai alat pendukung promosi, website mempunyai keuntungan sebagai berikut :
è Informasi lebih detail dan tuntas dari produk dan jasa. Hal ini terlihat jika dibandingkan dengan iklan (yang mempunyai space terbatas). Sebagai contoh pada sebuah brosur biasanya penjelasan yang diterima hanya berupa pokok-pokok dari produk sebuah perusahaan, tetapi di website pengunjung website dapat mendapat detil spesifikasi dari produk tersebut.
è Tampilan yang baik akan memberikan akan memberi image yang baik dan menarik bagi calon klien.
è Isi yang selalu up to date. Para pengunjung website akan selalu menerima informasi yang up to date dari perusahaan.
è Salah satu identitas. Saat ini alamat website menjadi salah satu identitas.
2. Mempermudah Komunikasi
Agar dapat saling berkomunikasi dengan para klien atau customer, perusahaan dapat menjalin komunikasi melalui email ataupun informasi kontak yang berada dalam website. Komunikasi akan lebih mudah walaupun perbedaan lokasi sangat jauh dan sudah tentu lebih efisien dalam hal biaya dan waktu.
3. Berinteraksi
Website dapat dijadikan ajang interaksi dengan para pengunjung website antara lain dapat dijadikan ajang jual-beli, forum diskusi,upload/download file dan lain sebagainya. Jadi disini fungsi website bukan hanya sebagai wadah penyedia informasi saja.
Tujuh alasan mengapa saat ini website perlu dimiliki antara lain adalah :
· Menghemat uang dalam advertising. Anda tidak perlu membayar mahal untuk sebuah iklan atau mengeluarkan biaya tambahan untuk pembuatan sebuah brosur dan menyebarkannya. Cukup hanya dengan mengiklankan alamat website kemudia memasukkan informasi bisnis ke dalam website.
· Menghasilkan uang melalui toko online. Dengan semakin banyaknya pengguna internet saat ini maka jalur distribusi suatu barang dapat dilakukan melalui internet. Pengunjung dapat langsung membeli produk yang dijual melalui internet.
· Kemudahan dalam penyampaian pesan. Melalui website pesan informasi bisnis dapat disampaikan lebih mudah dan up to date.
· Menghemat dalam komunikasi. Informasi mengenai produk baru dapat secara mudah dikirim kepada customer melalui email dan website.
· Peluang mendapatkan customer lebih besar. Jangkauan klien bertambah, tidak hanya lokal, tetapi nasional bahkan pasar global.
· Mempunyai image lebih profesional.
· Menghemat waktu.
Ada beberapa saran dalam pembuatan suatu website. Langkah awal dalam pembuatan website adalah dengan menjawab pertanyaan dasar yaitu “Apa tujuan website dan mengapa oranglain perlu mengunjungi website anda?”
Sebuah website pertama-tama harus dipandang sebagai urusan media komunikasi dan bukan urusan teknologi. Namun bukan berarti teknologi tidak menjadi penting. Teknologi memiliki posisi sebagai penopang, sebagai kerangka bangunan website. Tujuan, sasaran dan fungsi website jangan sesekali dimulai dari kemampuan teknologi. Tetapi sebaliknya teknologi harus tunduk pada tujuan, sasaran dan fungsi yang diharapkan dari website. Sebagai contoh adalah sebuah website yang menampilkan begitu banyak multimedia tetapi informasi yang diharapkan malah tidak ditampilkan secara mendetil, sedangkan tujuan website tersebut adalah media informasi.
Sebuah website pertama-tama harus dipandang sebagai urusan media komunikasi dan bukan urusan teknologi. Namun bukan berarti teknologi tidak menjadi penting. Teknologi memiliki posisi sebagai penopang, sebagai kerangka bangunan website. Tujuan, sasaran dan fungsi website jangan sesekali dimulai dari kemampuan teknologi. Tetapi sebaliknya teknologi harus tunduk pada tujuan, sasaran dan fungsi yang diharapkan dari website. Sebagai contoh adalah sebuah website yang menampilkan begitu banyak multimedia tetapi informasi yang diharapkan malah tidak ditampilkan secara mendetil, sedangkan tujuan website tersebut adalah media informasi.
Sebuah artikel memaparkan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan dari suatu website antara lain adalah
1. Desain Website.
Desain website harus kelihatan menarik namun sesuai dengan tujuan website yang dibangun. Image positioning, navigasi yang mudah dan tidak membingungkan, materi yang jelas namun tidak membosankan serta faktor kecepatan mengakses website merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan.
2. Content/Isi WebsiteDesain website harus kelihatan menarik namun sesuai dengan tujuan website yang dibangun. Image positioning, navigasi yang mudah dan tidak membingungkan, materi yang jelas namun tidak membosankan serta faktor kecepatan mengakses website merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan.
Isi harus sesuai dengan tujuan website, selain itu berikan hal-hal yang dapat membuat pengunjung website proaktif, misalnya dengan fasilitas download, games, forum atau survey dan lain-lain.
3 komentar:
Gimana cara menambahkan fasilitas download tersebut?? Website Gratis
penjelasan mengenai website detail sekali , bagus sekali.
terima kasih, artikel nya bagus sekali
Posting Komentar